Bermula melihat seorang yang bisa melukis, melukis pemandangan rasanya ingin bisa melukis apa yang dilihat waktu itu, di  Media lukis seperti Graha Lukis, atau pameran pameran lukis yang pernah ada. Pelukis dengan asal asalan tapi akhirnya menabjubkan dan disinilah mulai timbul rasa dan pingin pingin melukis.

Awalnya tidak pintar tapi dengan niat tekun supaya bisa pandai melukis mau tidak mau  setiap memegang pensil pasti menggambar tidak pernah untuk menulis sesuatu, dan sekarang menjadi hobby. Ya hobby yang mudah dan tidak banyak biaya bahkan bisa menghasilkan uang bila lukisan memiliki nilai jual yang tinggi.;

Di Negara Prancis sebuah Lukisan adalah sesuatu mahakarya  yang paling mahal harganya sebanding satu harga sebuah rumah, padahal bila kita lihat bahwa lukisannya  yang amburadul tidak begitu cantik, itulah seni anggapan dari segi pandang seseorang berbeda beda.

Tidak ada yang tidak mungkin, bila kita mau berusaha. Kisah seorang tunawisma di Filipina ini buktinya.

"Passion akan menggerakan manusia di luar diri mereka sendiri, di luar kekurangan meraka sendiri, di luar kegagalan mereka," - Joseph Campbell.

Seperti itulah gambaran dari Jhalanie Mutuan yang sebelumnya hidup di jalanan Kota Manila.
Mulutnya selalu tertutup, karena ada alasan di balik situasinya sekarang dan kisahnya itu yang menyebabkan dia berkeliaran di jalan.
Dia memohon di jalan dan mengemis untuk makanan setiap hari. Hingga pada suatu hari, dia menemukan bahan-bahan seni bekas yang sudah rusak dan hal itu yang memicu kecintaanya terhadap seni lagi.

Seniman terkenal akan menjual karya seni mereka untuk jumlah uang yang cukup besar, tapi Jhalanie menjual lukisan miliknya seharga Php15 atau $ 0,32!
Dia hanya ingin menjual lukisannya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dari karya lukisnya, Jhalanie mendapatkan penghasilan lebih besar dibandingkan pada saat dia dia mengemis di jalan-jalan. Lukisannya yang ia jual dibawah $1 laris.


  


Mungkin Anda adalah salah satunya yang memiliki bakat melukis, segores pensil yang Anda lakukan, itu adalah karya Anda,  lakukanlah melukis. jelek dimata Anda belum tentu jelek dimata orang yang melihat,  lama lama anda berpengalaman  dan akan ada nilai jualnya.



Selamat mencoba semoga success... dan lukisan Anda bisa ditawar  oleh peminat kolektor  dengan lukisan yang ditawar dengan harga selangit.

Channel kami di https://www.youtube.com/channel/UCjaowtII7QnPgot1Y3V2j2w